2 Januari 2012

Cara Mempercepat Loading Komputer

Bingung saat komputer menyala dengan kecepatan keong? Aku juga pernah. Setelah aku teliti lebih jauh menggunakan google dan mempraktekkannya, syukurlah berhasil. Ternyata gampang aja lho.

Ada beberapa alasan kenapa komputer kita memproses dengan lambat. Salah satu alasan paling umum adalah banyak memori yang kita pakai. Seperti misalnya kita menginstall game yang notabene 'ngeberatin' komputer kita. Semakin banyak game atau aplikasi yang kita install, semakin lama juga loading komputer kita. Nah, jadi cara gampangnya yaitu dengan menghapus bersih tong sampah dikomputer kamu. Dan juga untuk aplikasi dan game-game yang tidak perlu dan yang sudah tamat dimainkan, mendingan kamu buang jauh-jauh. Dengan begitu komputer kamu tidak perlu memerlukan waktu yang lama untuk memproses semuanya.

Cara yang lain nih, yaitu dengan 'Defragment Disk'. Ini merupakan aplikasi yang sudah ada dikomputer kamu (Untuk Windows ada, kalau vista kurang tahu). Dengan men-defragment disk kamu berarti kamu menyusun ulang data dan dokumen yang ada dikomputer kamu. Cara yang satu ini bisa dibilang efisien karena di Windows kita sendiri, kita bisa menjadwal kapan kita mau melakukannya.

Untuk mendefragment disk, ikuti langkah berikut :
  1. Klik tombol Start, klik All Programs, klik Accessories, klik System Tool, lalu klik Disk Defragmenter.
  2. Lalu kemudian akan muncul jendela baru Disk Defragmenter. Pilih salah satu drive yang ingin kamu defragment, lalu Analyze Disk. Setelah di analisa, kita akan diberi tahu apakah kita perlu mendefragment disk tersebut. 
  3. Setelah itu, klik Defragement Disk.
  4. Untuk mengatur jadwalnya, klik Configure Schedule di bagian Schedule. Setelah itu akan muncul jendela pengaturannya. Pilih waktu dan hari yang kita inginkan dan kemudian klik OK.
Selain itu, tak kalah pentingnya bagi kamu untuk menghapus virus-virus dikomputer. Virus dan spyware berbahaya juga dapat memperlambat proses boot dan loading komputer kamu. Untuk itu, kamu harus punya anti-virus yang aktif. Aku sarankan agar kamu yang suka main game hanya memakai anti-virus itu sesuai dengan jadwalnya, karena ada sebagian game yang tidak berjalan karena anti-virus. Cara yang paling bagus untuk memiliki anti-virus tentu saja dengan membeli yang asli, tapi bagi kamu yang mau download saja bisa mencoba Free Trial dari berbagai program Anti-virus. Contohnya Avira (http://www.avira.com/en/avira-free-antivirus) dan Avast (http://www.avast.com/download-software#tab2). Ada juga AVG Anti-virus Free Download yang bisa kamu unduh dengan gratis.

UPDATE !! Baru-baru ini, laptop penulis sering lambat boot-ing. Eh, ternyata setelah diselidiki, gara-gara lupa mengeluarkan kaset dari laptop. Jadi, perlu diingat sebelum komputer menyala jangan langsung mencolok USB dan jangan meletakkan kaset kedalam laptop atau komputer.


Kamu bisa praktekkan semua dengan mudah, kan? Dengan begitu komputer bisa mempercepat loadingnya. Tak ada lagi masa menunggu. Aku benci lelet! I hate Slow! XD

1 komentar:

  1. Akses internet saya sangat lambat, trims tips2nya sangat saya butuhkan sekali

    BalasHapus