13 Januari 2012

5 Permainan Logika Tanpa Download

Pengen deh main game. Tapi 'ga mau download, maklum memori besar. Hmmm, game apa yah yang bagus? 

Permainan Logika Tanpa Download

Pas banget bagi kamu yang tidak suka untuk mengunduh ataupun meng-install game. Nah, permainan logika itu maksudnya permainan yang membutuhkan pemikiran, seperti puzzle. Permainan begini cocok untuk orang yang suka mikir pake otak (bercanda, XD).

Yuk, lihat ulas balik permainannya. Permainan-permainan dibawah ini ada dalam www.Kongregate.com, tidak perlu download (unduh), dan bersifat flash game. Jadi, loading-nya juga tidak ribet dan lama. Satu permainan berkisar 5000kb keatas. Menurut survey saya, loading-nya hanya sekitar 5 menit.


1. The Company of Myself
link : http://www.kongregate.com/games/2DArray/the-company-of-myself

 

The company of Myself adalah sebuah permainan yang akan membuat kamu merasa aneh sendiri. Setidaknya itu terjadi pada diri penulis. Karena kata-kata yang ada didalam permainan ini beda dari biasanya, ia menggunakan kata 'My' atau 'I' yang berartikan 'aku'. Cara si pembuat permainan menjelaskan cara bermainnya menurut penulis sangatlah unik. 


Gambar diatas adalah saat pertama kamu baru masuk kedalam permainan. Tujuan utama kamu adalah harus mencapai pintu berwarna hijau itu. Pintu tersebut sudah pasti makin lama makin sulit untuk dijangkau, dan memerlukan pikiran kita untuk berpikir keras. Seperti misalnya, apa yang harus kulakukan? Selain ini, apa lagi? 

Nah, untuk dapat mencapai pintu 'kemana-saja' tersebut, kamu akan dibantu dengan dirimu sendir. Sebuah ataupun sesosok atau mungkin selembar bayangan dirimu sendiri. Bayangan-bayangan itu kadang berjumlah secukupnya dan kadang terhingga. Jadi, kamu bisa mencapai tujuan dengan membuat bayanganmu sendiri. Jangan kaget!

Sebenarnya kamu tidak sendiri, walaupun kamu berpikir kamu bisa menyelesaikannya sendiri. Karena sebenarnya ada wanita yang pernah kamu jumpai. Tapi karena suatu hal, dan karena terpaksa, kamu membuatnya jatuh. Kehidupan wanita tersebut tak pasti lagi, tapi kamu yakin dia mati. (penulis juga belum mengungkap takdirnya) 

Dalam game ini, kamu sudah pasti akan memerlukan keyboard. Mouse tidak berperan penting. Tombol-tombol yang digunakan antara lain tombol panah, R, dan spasi. 

Selamat menikmati!!

sumber foto : http://f0.bcbits.com/z/13/85/1385829458-1.jpg, http://imageshack.us/photo/my-images/21/tcom2.jpg/

2. Red Remover


Permainan yang satu ini tak kalah memerlukan kekuatan otak. Permainan ini melatih kecepatan dan ketepatan setiap langkah yang kamu buat. 

Tetapi dengan bangga, penulis dapat menyelesaikan semua tingkatnya. XD. Walaupun pernah 'menyontek' videonya. 

Cara bermain Red Remover sangatlah mudah. Kamu cuma perlu menghilangkan balok-balok merah dalam muka monitornya. Karena itu, kamu akan dibantu dengan balok biru. Balok biru adalah balok yang keberadaanya tidak diperdulikan, mau ada atau tidak, tidak menjadi masalah. 

sumber foto : http://www.wikipeers.com/files.php?file=Red_Remover_852756476.jpg

3. Continuity


Wah, permainan yang satu ini sungguh unik. Hampir sama dengan The Company of Myself, tetapi benar-benar berbeda. Maksudnya yang sama adalah tujuan utama yaitu sama-sama harus mencapai pintu tersebut, dan yang benar-benar berbeda adalah Continuity tidak memberikan bayangan. 

Untuk mencapai pintu, kita memerlukan kunci. Dan untuk mencapai kedua tempat tersebut, banyak halangan yang pasti terjadi. Yakni jalan yang cukup berliku untuk sampai kesana. Ciri khas yang penulis suka adalah saat dimana kita akan pergi diantara satu ruangan keruangan lain. (Bukan pintu satu kepintu lain) 

Dalam satu tingkat, ada beberapa ruangan. Ruangan-ruangan tersebut menyimpan kunci dan pintu. Nah, untuk itu, kamu harus berpikir dimana letak ruangan yang pas dengan ruangan yang sedang kamu pakai. Ruangan-ruangan tersebut bisa kamu pindah letaknya. Terkadang dalam satu tingkat, ruangan tersebut ada yang tidak dipakai yang berguna untuk jebakan. 

Tombol yang digunakan dalam game ini antara lain adalah tombol panah, dan spasi.

 sumber foto : https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgK2kXjK_FEhxvVhcGLny3rZwG9YiLrIKAabN7bLGwv6_nmmiNmyD4K82KQpOHeLw4Zpd4IfeuZDK0qNyt7FZZdniZWAYyQUob63_8xfzi1GCes94emDuqCTei8-MZrOgU48vMx6uFIssk/s400/continuity_flash_cube_like_game.PNG


4. Super Stacker 2


Game yang satu ini rasanya tidak perlu diragukan lagi. Bayangkan saja, game ini sudah mencapai versi 2! 

Game ini memerlukan tingkat konsentrasi dan kesabaran. Karena kamu akan disuruh menyusun berbagai macam balok, segitiga, dan lingkaran. Kamu juga tidak dapat memilih benda apa yang akan kamu pakai, karena semua sudah diatur. 

Ada tips yang dapat memudahkan kamu mengetahui rangka apa yang akan kamu buat. Setiap tingkatan akan disertai nama, dan nama itulah yang nantinya akan memudahkan kamu. Misalnya ada nama 'bus', maka kamu akan membuat bus. 

5. Doodle God


Hahaha.

Disini kamu menjadi 'seperti' dan penulis tegaskan 'bukan' Tuhan. Kamu-lah yang menciptakan segala sesuatu. Hanya dengan beberapa unsur sederhana, dan kamu akan melebarkannya menjadi banyak (sekitar 115). 

Hanya perlu satu klik dikanan, dan satu klik dikiri, dan kamu bisa menciptakan hal baru. Permainan benar-benar dan sangat memerlukan akal sehat kamu. Pasalnya disini kamu harus berpikir tentang benda apa yang kalau digabungkan dengan benda lain akan menghasilkan benda baru. 

Pertama-tama, Tuhan menciptakan tanah, air, udara, dan api. (bukan Avatar) Dan kamu membantunya menciptakan inovasi baru seperti hewan, peralatan, dan makhluk hidup lainnya.

UPDATE !! Doodle God kini meluncurkan versi terbarunya, Doodle God 2. Yuk! Main!! Tapi, ada baiknya kamu menyelesaikan Doodle God yang pertama. 
sumber foto : http://www.i-am-youth.com/wp-content/uploads/2010/06/Doodle-God-game.jpg

2 komentar: