16 Desember 2011

Tindakan dan Interaksi Sosial


Tindakan sosial

Tindakan artinya aksi perbuatan ; semua hal yang diperbuat manusia.
Tindakan sosial adalah semua hal yang dilakukan manusia atau diperbuat manusia yang mempengaruhi dan dipengaruhi manusia lain.
Contoh:

  • hendrik menulis surat cinta untuk jennifer
  • hendra mematikan lampu
  • Vincent mencolek pipi Alessia


Bentuk-bentuk tindakan sosial
Tindakan sosial individu yaitu tindakan sosial yang diakukan oleh seseorang atau pribadi.
Tindakan sosial kelompok yaitu tindakan sosial yang dilakukan sekelompok orang dalam waktu yang sama. Misalnya pendukung MC bertepuk tangan ketika MC mencetak gol untuk ketiga kalinya.

Tipe-tipe tindakan sosial

  1. Tindakan sosial rasional instrumental yaitu tindakan sosial yang dilakukan didasari akal sehat (rasio) sehingga ada pertimbangan untuk mencapai kesesuaian antara alat yang digunakan (intsrumen) dengan tujuan (hasil). Contoh : Ayah memotong kayu dengan gergaji; Agar naik kelas, Brenda rajin belajar
  2. Tindakan sosial rasional orientasi nilai yaitu tindakan sosial yang dilakukan manusia yang masuk akal atau logis yang bertujuan untuk mewujudkan nilai-nilai sosial tertentu. Dalam hal ini, perbuatan yang dilakukannya logis, apakah tujuan tercapai atau tidak bukan menjadi hal utama. Contoh: Memberi sumbangan pada fakir miskin; Rajin sembahyang
  3. Tindakan sosial afektif yaitu tindakan sosial uang dilakukan seseorang yang didasari oleh perasamaan (afektif) suka, sendang, takut, sedih, bahkan kadangkala tidak rasional (irasional). Contoh: Ricky tertawa terbahak-bahak ketika MC menang melawan MU, Ji yoon dan Yi joo marah karena Syahrini mengecup pipi Hyun Bin
  4. Tindakan sosial tradisional yaitu tindakan sosial ayng dilakukan manusia yang didasarkan pada tradisi-tradisi atau kebiasaan yang sudah turun termurun. Contoh: Upacara adat perkawinan; Acara tujuh bulanan

Interaksi Sosial

Inter : antar dua pihak
Aksi : perbuatan, hubungan
Interaksi : perbuatan, hubungan timbal balik
Interaksi sosial adalah hubungan timbal balik dan saling memepengaruhi antara dua belah pihak bahkan lebih untuk mencapai tujuan.

Interaksi sosial terbagi atas:

  1. Interaksi sosial antar individu. Contoh : Bina berdiskusi dengab Budi.
  2. Interaksi sosial individu dengan kelompok. Contoh: guru mengajar dikelas, pendeta berkhitbah didepan jemaat.
  3. Interkasi sosial kelompok dengan kelompok. Contoh: siswa methodist tawuran dengan siswa Wiyata Dharma.


Syarat terjadinya interaksi sosial

  1. Harus adanya kontak sosial-con, cum (latin) : bersama-sama
    -tango, tangere (latin) : sentuhan, menyentuh
    -kontak : bersentuhan bersama-sama
    Kontak sosial terbagi atas:
    1. Kontak sosial primer yaitu hubungan yangn dilakukan oleh dua belah pihak dan mereka bertemu langsung
    2. Kontak sosial sekunder yaitu hubungan yang dilakukan oleh dua belah pihak namun kdeuanya tidak bertemu langsung. Kontak sosial sekunder terbagi atas:
      1. Kontak sosial sekunder langsung yaitu dimana kedua belah pihak tidak bertemu langsung tetapi berhubungan lengsung melalui media. Contoh: surat, HP, telepon,dll.
      2. Kontak sosial sekunder tidak langsung yaitu dimana kedua belah pihak tidak bertemu langsung dan tidak berhubungan langsung namun melalui pihak ketiga. Contoh: Hendrik menyampaikan cintanya pada seseorang melalui Hendra.
      3. Kontak sosial negatif yaitu apabila kedua belah pihak mengarah pada perceraian atau konflik. Contoh pertandingan antara persibaya dengan arsenal berakhir ricuh.
      4. Kontak sosial positif yaitu apabila hubungan kedua belah pihak mengarah kepada kerjasama.
  2. Harus ada komunikasi Komunikasi (communication) artinya saling mengerti, memahami. Komunikasi adalah suatu perbuatan seseorang kepada orang lain dengan memberi tanda, kode, sinyal simbol, dan orang itu memahami makna atau artinya. Contoh: menganggukan kepala artinya tanda setuju dan menggelengkan kepala artinya tidak setuju.
    • Apabila tanda, kode, sinyal, dan simbol tidak dimengerti oleh orang lain itu dapat menimbulkan miskomunikasi yang menimbulkan pertengkaran.
    • Adakalanya dalam suatu pergaulan terjadi kontak sosial tetapi tidak terjadi komunikasi. Contoh : Steve, warga Inggris, bertemu dengan Roy, suku batak, ditarutung. Keduanya bersalaman namun Steve menggunakan bahasa Inggris dan Roy menggunakan bahasa batak. Mereka tidak mengerti bahasa masing-masing maka dalam hal ini tidak terjadi komunikasi.

Ciri-ciri interaksi sosial

  1. Pelaku minimal dua orang atau lebih
  2. Harus ada kontak sosial dan komunikasi
  3. Ada dimensi waktu yang dipergunakan
  4. Ada tujuan yang hendak dicapai


Tiga tahap komunikasi

  1. Encoding
  2. Penyampaian
  3. Decoding

4 komentar: