3 Oktober 2012

Mengenang lagi Marmut+Masa lalu

Gua baru aja habis utak-atik blog gua. Beh! Saat gua liat satu postingan "Terimakasih Marmut Imut", rasanya sedih benget. Entah kenapa, sepertinya gua yang dulu itu culun banget, duh!

Awal mulanya gua bisa tahu Marmut itu dari komentarnya di blog gua, tapi sepertinya komentarnya sudah menghilang. (Berhubung banyak tulisan jadul yang gua hapus) Marmut memberikan sejumlah tips yang cukup berharga bagi gua. Sepanjang sejarah kehidupan blog ini cuma si Marmut yang memberikan komentar panjang dan berarti. Oh, Marmut, apakah kamu masih aktif?

Omong-omong tentang diri gua yang culun, di masa itu ternyata gua masih gaptek banget! Dulu gua masih terlalu awam dengan yang namanya emoticon, apalagi template. Wah, tiba-tiba gua jadi malu sendiri melihat tulisan jadul gua. Tapi rasanya lucu juga, mengenang itu memang bisa membuat orang salah tingkah. 

Gua yang dulu menjadikan blog ini sebagai diari kecil gua. Dimana tulisannya itu biasanya gak lebih dari dua paragraf. Setelah gua mulai aktif "surfing" di internet, gua sadar bahwa tulisan gua benar-benar gak bermutu. Semenjak itulah banyak tulisan gua yang gua hapus, yang kebanyakan diari semua. 

Omong-omong lagi nih tentang internet. Gua mulai main internet semenjak sekitar tahun 2010. Waktu itu gua punya komputer di rumah, tapi gak ada layanan internet-nya. Alhasil kalau misalnya mau main internet harus ke warung internet, warnet. 
Dulu tuh, banyak online game yang beredar. Jadi gua ketularan saudara gua yang maniak game dan ikut main game juga. Nah, namanya juga online game, kalau main perlu ID. Dan ID itu perlu email. Dan gua gak punya email, jadi gua pengen buat email. Gua yang dulu culunnya gak ketulungan, mau buat email aja mesti nanya-nanya terus sampai-sampai saudari gua kewalahan. Mau nanya pencet yang mana lha, ketik apa lah, dan lain sebagainya gua tanyakan. Dan jadilah email baru gua. Dan gua bisa main game di warnet.

Setelah beberapa waktu punya email, gua pindah rumah. Tapi tetap, gak ada layanan internet. Jadi saat facebook lagi nge-trend, gua perlu pergi ke warnet buat daftar Facebook. Beberapa kali gua yang culun pergi ke warnet sama saudari gua. Mau tau ngapain aja ke warnet? Cuma buat buka facebook! Bayangin satu jam main warnet, cuma buat facebook-an. Gua masih ingat lagi, buka facebook bukan buat chattingan, tapi main pet-society. Gua kan dulu masih culunnya, gak tahu mau ngapain aja di internet. Gua yang dulu gak tahu internet itu luasnya bukan main. 

Karena gua dan saudara/i gua sering ke warnet, kami memutuskan untuk meminta Dad buat beli modem. Alasannya sih buat mengerjakan tugas, but you know what we actually mean. Dan ta-daaa, gua punya modem di rumah. Dan semenjak itulah, gua lebih aktif main facebook, nge-upload foto alay, main pet society dan cafe world. Dan yang paling penting dari semua itu adalah gua buat blog ini. 

Gua udah pernah menyinggung asal usul blog gua di salah satu tulisan gua, It's Almost Three Years, tapi gua bakal cerita lagi mumpung lagi doyan. Awalnya guru di sekolah gua yang menyuruh muridnya untuk membuat sebuah blog. Itu tahun 2010. Gua bingung mau kasih nama blog gua apa, terakhir-terakhir pas lagi di "ruang belajar", gua menemukan sebuah buku imut dengan tulisan "hanaru". Dari situlah lahir nama hanaruhanaru yang menjadi alamat blog gua sekarang. Sementara, "365 Day of Hope" itu gua dapat entah dari mana. Yang masih gua ingat adalah, waktu itu gua masih menanti dan berharap akan sesuatu yang sudah berpisah dari gua, dan lahirlah kata "Hope". =')

Waktu pertama-tama buat blog ini, gua gak sering update, karena gua juga masih culun. Setelah gua mendamparkan blog ini gua membaca sebuah komik seri berjudul I am Here! dari Ema Toyama. Nah, di dalam ceritanya yang seru itu, peran utamanya mempunyai sebuah blog. Jadi, gua juga ingin blog gua dibaca dan disukai banyak orang.  Jadilah, gua aktif kembali dalam dunia blogging.

Saat lagi panas-panas tai ayam main blog, gua melakukan riset tentang blog. Gua mencari ke seluruh pelosok internet. Gua meminta bantuan uncle Google buat bantuin gua dalam "riset" ini. Hanya sekadar main-main tapi, biasa lah, kalau main internet bisa lupa waktu. Gua mencari berbagai template blog, tips ini-itu, sampai-sampai terdampar di bagian iklan. Gua melihat kalau dari blog itu kita bisa menghasilkan uang. Pertama-tama gua gak terlalu tertarik, tapi lama kelamaan kecantol juga hati gua. Akhirnya dengan malu-malu gua daftar jadi anggota pemasang iklan. TAPI! Blog gua emang dasarnya gak ramai dan gak di gubris sedikitpun, jadi soal masang-masang iklan itu adalah big NO buat gua.

Baik buruknya internet itu sangat mengganggu gua. Kadang internet bisa memberikan kebaikan bagi kita. Tapi buruknya juga ada. Sebetulnya 'history' gua di internet itu cukup suram, gelap, dan berdebu. Email pertama gua, gua pakai buat segala kebutuhan registrasi gratis di internet. Mulai dari online games, website, blog, iklan, dan bisnis kecil lainnya. Akibatnya email gua sering kemasukan Spam sampah. Perlu waktu belasan menit buat menghapus plus mengorganisir email-email itu. Yah, untungnya sebagian sudah gua un-subscribe, tapi peluang Spam kembali itu bukan 0 juga, kan. Selain email kesayangan gua didamprat habis-habisan, dampak terburuknya adalah kurang memerhatikan diri sendiri. Gara-gara asyik internetan, bisa malas makan, malas mandi, malas tidur, dan lupa waktu. Gua yakin saat dewasa nanti gua bakal menyesali perbuatan gua "bersama" internet.

Selain sejarah kehidupan internet gua, masih banyak hal yang bisa dikenang, bukan hanya gua tapi kamu juga. Banyak yang hal yang terjadi dalam diri kita sendiri, dan ketika kita merenungkannya kembali, segala rasa bercampur aduk dalam diri kita. Kita bisa merasakan suka, duka, sampai salah tingkah. Benar, kan? ;) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar