4 Februari 2012

Tips Siasati Ujian

UJIAN??!!

Serbu Sistem Kebut Semalam!!

Stress + 5L + FAIL!

Ujian? Wah! 80% pasti menggunakan sistem kebut semalam nih. Sebuah sistem yang entah dari dunia mana datang tak diantar pulang tak dijemput. Sebenarnya kita semua sudah mengetahui bahwa sistem belajar seperti itu sangat salah. Tapi kenapa sih tetap aja, kita selalu memakai sistem tersebut? Rasanya sudah mendarah daging, dari kulit, sampai ke tulang, dan hati.

Sebenarnya yang kita inginkan adalah kebebasan. I WANNA FREE!! Benar, kan? Tapi sebenarnya kita malah menambah tingkat stress kita ke ujung tanduk. Bahan pelajaran sejumlah 2 bab alias 60 halaman, harus dipaksa masuk kedalam otak kamu hanya dalam semalam. Pernah dengar legenda Candi Prambanan? Dalam semalam, Bandung Bandawasa harus menyelesaikan 1000 candi. Tapi pada akhirnya dia gagal, padahal hanya tinggal satu candi lagi.

Memang saat kita belajar kebut semalam, kita akan mendapatkan pengetahuan. Tapi pengetahuan itu belum cukup untuk dimuntahkan sebagai jawaban pada ujian. Kira-kira hanya 1/6 bagian yang akan kita ingat dari cara belajar itu.

Langsung ke inti aja deh. Penulis menemukan sebuah trik khusus! MindMap!

Apa sih MindMap? Kok bisa khusus banget? Apa kelebihannya??

Nah, Mind Map dipeloporkan oleh Tony Buzan. Dan kemudian, terus memperluas sampai ke seluruh dunia. Cara belajar yang satu ini sangat diminati. Tak hanya bagi para pelajar, tapi Mind Map juga sangat berguna bagi para pebisnis.
Cara kerja Mind Map memang bisa dibilang agak repot. Tapi, khasiatnya Luar Biasa! Super Sekali! Mind Map berisi sekumpulan kata kunci yang dirangkum menjadi satu. Semua kata kunci tersebut penting dan biasanya diambil dari teks atau buku. Dan kemudian kita hafal.

Yuk, Buat Mind Map sendiri!

Ada dua cara untuk membuat Mind Map. Cara pertama dengan tradisional dan cara kedua secara modern. Cara tradisional maksudnya adalah kita membuatnya sendiri dengan tangan, sementara cara modern adalah dengan menggunakan aplikasi khusus Mind Map dari Tony Buzan (ThinkBuzan.com).

Aku akan mengajarkan cara membuat MindMap dengan cara tradisional. Khususnya, topik ini untuk pelajar yah! Siapkan buku yang ingin kamu pelajari, beberapa kertas HVS, pen atau spidol berwarna-i, dan pensil.

Untuk membuat pola Mind Map, pertama-tama kamu harus membaca buku yang ditentukan. Karena kamu menggunakan kertas, maka otomatis tulisan kamu akan terbatas. Oleh karena itu, pilihlah satu bab yang kamu ingin pelajari dari buku itu. Kemudian baca bab tersebut setidaknya satu kali.

Setelah membaca, bacalah lagi, tetapi kali ini kamu harus mencari kata kunci. Kata kunci hanyalah kata penting yang harus kamu pelajari. Kata kunci bisa terletak dimana saja. Lingkari atau garis kata kunci dengan pensil. Terus lakukan sampai satu bab itu habis dilingkari. Ingat! Kamu hanya perlu untuk melingkari kata kunci dan bukan seluruh paragraf. Kalimat penjelas biasanya tidak perlu dilingkari.

Setelah itu, tulislah pada tengah-tengah HVS itu judul ataupun subjudul dari bab itu. (Judul untuk materi yang sedikit, dan subjudul jika materi atau bahannya banyak) Tulis judul dengan huruf besar, buatlah tulisan untuk judul berbeda dari yang lainnya agar kamu bisa membedakannya. Lalu Buatlah cabang miring beserta subjudul selanjutnya. Lalu, tiap subjudul memiliki cabang lainnya berisi kata kunci. Setiap cabang memiliki warna yang berbeda. Cabang dari tempat yang sama memiliki warna yang sama, sementara cabang dari tempat berbeda warnanya berbeda pula.


Aku yakin kamu akan kebingungan mendengar penjelasanku. Oleh karena itu aku membuat sebuah contoh dari MindMap Free Trial Tony Buzan.



Apakah kamu mengerti?

Tambahkan beberapa gambar unik yang berhubungan dengan kata kunci untuk menambah daya ingat kamu.

Mind Map disebut spesial. Karena dengan ini, kamu bisa mempergunakan otak kiri serta otak kananmu sekaligus. Seperti yang kita ketahui, bahwa otak kiri untuk hal seperti menghafal, sementara otak kanan untuk hal seperti menggambar. Dengan memadukan cara menghafal dengan gambaran, maka kamu akan memaksimalkan cara kerja otak kamu. Benar kan?

Jika kamu menggunakan sistem kebut semalam, berarti kamu hanya menggunakan otak kiri kamu. Makanya, kamu pasti akan mengalami depresi berat, stress. Otak kanan juga harus digunakan lho, jangan sampai nganggur!

Baca juga artikel kiat membaca (http://hanaruhanaru.blogspot.com/2012/01/teknik-meningkatkan-kecepatan-membaca.html) untuk dapat memaksimalkan cara kamu membaca buku.


2 komentar:

  1. udah q follow..foll back..link uadh q pasang

    BalasHapus
  2. Sama seperti aku dulu yaitu dengan membuat catatan khusus yang berisi hal-hal penting saja yang kira-kira bakal keluar di ulangan.Lumayan hasilnya selalu dapat ranking 10 besar.

    BalasHapus