1 Februari 2012

Cara Menciptakan Lingkungan Belajar Optimal

 

Agar dapat belajar dengan efektif, sangat penting bagi kamu untuk menciptakan lingkungan belajar yang optimal. Kamu harus memilih untuk belajar di satu tempat, supaya otak kamu terbiasa bekerja ketika berada ditempat itu. Tempat belajar yang kamu pilih seharusnya memiliki karakteristik berikut.

  1. Cukup Cahaya
    Lingkungan paling cocok untuk belajar adalah tempat yang terang dengan cahaya lampu pijar biasa (kuning). Kenapa dengan yang putih? Cahaya putih dari lampu fluorescent bergetar dan menyebabkan sakit kepala.
  2. Periksa Suhu Ruangan
    Suhu yang terlalu tinggi cenderung membuat kamu mengantuk. Usahakan belajar di tempat yang lebih dingin dari biasanya. Hal ini karena suhu rendah akan membuat kamu lebih terjaga atau waspada. Suhu optimal untuk otak adalah 19 derajat Celcius.
  3. Bebaskan Diri dari Gangguan
    Selalu pastikan tempat belajar kamu bebas dari gangguan seperti TV, Blackberry, Playstation, komik, majalah, ataupun tempat tidur. Benda-benda seperti itu akan mengundang iblis untuk menggoda kamu supaya menjauh dari belajar. 
  4. Jangan Rakus!
    Jangan makan banyak menjelang waktu belajar. Hal itu akan membuat kamu mengantuk karena banyak energi dan darah terpusat di sistem pencernaan. Usahakan untuk menhindari daging merah, gula, atau tepung terigu (roti dan kue) sebelum belajar. Makanan ini mengurangi kemampuan otak dalam menyimpan informasi.
  5. Alunan Musik
    Pasang musik latar saat belajar. Ritme musik memberi efek sinergi yang dapat meningkatkan kekuatan otak. Jenis musik terbaik untuk belajar adalah musik Baroque karena ritmenya teratur sekitar enam puluh ketukan per menit. Ritme tersebut membuat otak berada pada keadaan rileks sehingga pelajaran dapat masuk.
  6. Belajar Sendiri atau Kelompok?
    Selalu cari siswa-siswa yang lebih berpotensi dan lebih disiplin dari kamu. Dengan cara ni, kamu dapat terpengaruh menjadi lebih baik.
    Belajar sendiri meminimalkan gangguan, tetapi kamu jadi tidak dapat berbagi dan membandingkan catatan dengan siswa lain.
    Aturlah kegiatan kamu, belajar sendiri lebih sering, dan belajar kelompok sekali-kali.
Tulisan diangkat dari 'I am Gifted So Are You' dengan sedikit perubahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar