1 Februari 2012

Tips Konsisten Belajar

 

Hadeuh, tiap guru mengajar dikelas, pasti 70% pikiran muridnya melayang-layang. Ada sebagian yang tidur, bicara dengan teman lain, atau mungkin menggambar yang tak jelas. Para murid itu mungkin merasa bahwa pelajaran yang dimasukinya tidak menarik, malah membosankan. Apakah kamu ingin tahu cara supaya tidak membosankan??

Tidak ada. Aku turut bersedih karena belum mendapat solusinya. Tetapi menurut pengalaman sebagai seorang murid, penulis menyimpulkan bahwa menariknya suatu pelajaran tergantung pada cara guru mengajar dan bagaimana murid mau menyimaknya. Bila guru tidak mampu membuat para murid tertarik pada cara pengajarannya, maka  kebanyakan murid akan bosan, dan malah akan membenci guru tersebut. Murid yang memang benar-benar tidak suka pada pelajaran tertentu biasanya tidak suka menyimak pelajaran.

Tapi walaupun begitu, ada cara bagi kamu supaya bisa menyerap pelajaran 3x lebih baik. Cara tersebut terbilang cukup merepotkan dan akan menjadi sebuah beban bagi orang malas. Tetapi bila kamu bisa menyesuaikan diri dengan semua cara-cara tersebut, dan terus mengulanginya, maka aku yakin kamu mampu menyimak dengan baik pelajaran guru kamu. Bisa-bisa kamu akan mampu menjawab seluruh pertanyaan yang diajukan gurumu!

Ikuti langkah berikut:
  1. Baca Lebih dulu Sebelum Guru Membahasnya
    Misalnya malam hari sebelum pelajaran biologi, kamu bisa membaca sekilas apa yang akan nantinya guru kamu jelaskan besok. Setelah itu, baca beberapa halaman. Lingkari atau tandai beberapa bagian yang tidak kamu mengerti.
  2. Memperhatikan dan Bertanya
    Gunakan waktu pelajaran untuk memperjelas fakta yang tidak Anda mengerti. Seperti bagian yang kamu tandai tadi. Saat pelajaran berlangsung usahakan untuk mendengar penjelasan guru, dan bila ada yang sesuatu yang terasa aneh bagi kamu, ajukan pertanyaan. Ingat, malu bertanya sesat dijalan. 
  3. Lakukan Pengulangan dalam 24 jam
    Setelah pulang sekolah, lakukan pengulangan supaya memori Anda tetap segar dan bertahan lama. Pengulangan maksudnya adalah mengulang kembali pelajaran yang telah kamu pelajari. Pengulangan bisa dilakukan dimana saja, dan sangat efektif bila kamu mampu membuat 'MindMaps'-nya.
  4. Selesaikan PR sebelum Masuk Kelas
    Dengan mengerjakan PR sebelum didiskusikan di kelas, berarti kamu memanfaatkan waktu yang terbaik. Kamu bisa mengetahui apa kelemahan dalam pelajaran tersebut dan dapat segera mengatasi masalah tersebut. PR juga membantu kamu mengetahui apakah sudah memahami konsep yang diajarkan.
  5. Selalu Perbaiki Kesalahan dalam PR
    Jika ada sebuah kesalahan pada PR segera diperbaiki. Jawaban salah yang tidak diperbaiki malah akan tertinggal di otak kita, dan akhirnya jawaban salah itulah yang terpilih sebagai jawaban pada ujian. Memperbaiki jawaban juga dapat menguatkan memori kita.
Lima tips diatas, saya yakin belum pernah kamu kerjakan selama ini.  Paling hanya poin keempat atau kelima yang akan kamu lakukan, tapi bagaimana dengan 3 point yang notabene juga penting? Nah, masing-masing tips diatas bersangkutan satu sama lainnya. Dan sebenarnya sangat penting untuk dilakukan. Karena itulah metode belajar seorang yang aku anggap jenius.

Tulisan diangkat dari 'I am Gifted, So Are You!'

1 komentar:

  1. Makasih mbak atas tips di atas, ini juga bisa diimplementasikan di kantor

    BalasHapus